Tiga Mode Komunikasi.

Dunia telekomunikasi mengenal tiga mode mendasar dalam berkomunikasi. Mode ini bisa diaplikasikan bahkan dikondisi apapun dan teknologi apapun dalam konteks pertelekomunikasian.
 
a. Simplex.
Adalah mode komunikasi satu arah. Di sini pihak penerima tidak dapat memberikan informasi balikan. Atau sering juga disebut komunikasi broadcast (media penyiaran). Contoh yang sering ditemukan menggunakan mode ini adalah siaran televisi dan siaran radio. Disebut mode simplex karena saat anda menonton sinetron anda tidak diperkenankan untuk berkomunikasi dengan para pemain di sinetron tersebut. Kalo boleh ngobrol ama pemainnya bakalan berubah kali jalan cerita sinetronnya. Contoh lainnya adalah saat anda dimarahi oleh orang tua atau guru anda. Ya di sini anda tidak diperkenankan melakukan perlawanan karena inilah mode simplex alias satu arah.

Mode ini dapat diaplikasikan saat media transmisi yang digunakan dikuasai penuh oleh pihak pengirim. Keseluruhan bandwidth digunakan oleh pengirim.

b. Duplex
Perlu dibaca ulang ini bukan durex. Ini duplex. Duplex adalah media komunikasi dua arah. Dimana pihak pengirim dan penerima bisa berkomunikasi dua arah secara bersama-sama. Contoh media yang menggunakan mode ini adalah telepon baik selular maupun fixed telepon rumah. Kedua belah pihak bisa berbincang secara bersama-sama. Mode ini tidak disarankan untuk orang berpacaran yang saling berkomunikasi karena bisa ribut dua belah pihak satu ngobrol ngalor satu ngidul mana nyambung.

Mode komunikasi ini dapat diplikasikan saat media transmisi dibagi dua. Satu untuk masing-masing sisi.

c. Half Duplex.
Adalah media komunikasi dua arah. Namun berbeda dengan duplex, half duplex berkomunikasi dua arah secara saling bergantian. Jadi saat terjadi komunikasi antara A dan B. Saat A mengirim informasi (berbicara) maka B akan menerima informasi (mendengarkan). Demikian terjadi proses yang sebaliknya (vice versa). Contoh media yang menggunakan media ini adalah radio walkie talkie. Mode ini sangat disarankan untuk pasangan yang sedang berpacaran karena komunikasi yang sebenarnya adalah saat satu pihak menyampaikan curahan hatinya maka saat yang satunya untuk mendengarkan.

6 Comments

  • kang, aku wis tau moco ngene ki tapi kok ora mudeng yo? duplex itu bukan durex to? duplex merek cat tembok itu berarti?

    :D

  • Duplex sama Durex kok jauh banget nyambungnya :D

    Kalo aku belajar CCNA sih beda istilah dikit. Simplex, Half Duplex, Full Duplex

  • wah mode komunikasinya cocok untuk kampanye… :P

    gimana klo km aku angkat jadi sekretaris kampanye anti cinta!

  • Kalo blog gini berarti half-duplex ya mas?

  • Mexico pain killers…

    Mexico pain killers…

  • Berikan kebebasan pada suara dan intonasi anda. Jangan berusaha menyembunyikan aksen, kecenderungan, bunyi-bunyi khusus, atau aspek-aspek unik lain dari cara bicara anda.

Speak up! Let us know what you think.