Node.js apa pula itu?

Dengar nama Node.js memang sudah dari lama. Tapi baru tertarik untuk mencobanya sekarang. Awalnya aku kira ini salah satu platform untuk java script, ternyata aku salah! XD Kalau berdasarkan keterangan di web resminya:

Node.js is a platform built on Chrome’s JavaScript runtime for easily building fast, scalable network applications. Node.js uses an event-driven, non-blocking I/O model that makes it lightweight and efficient, perfect for data-intensive real-time applications that run across distributed devices.

Node.js memang ditujukan untuk platform yang cepat, hemat resource dan scalable. Saat ini tersedia untuk platform Windows, Mac, dan Linux. Dari panduan resminya, untuk menginstall di Debian Wheezy, disarankan untuk langsung dari source. Caranya cukup sederhana.

Install dahulu paket yang dibutuhkan (python, g++, make, & checkinstall) jika belum terinstall. Dan tinggal ikuti langkah selanjutnya. Awal instalasi gagal pada saat menjalankan checkinstall . Errornya seperti di bawah ini:

Ternyata di pilihan ketiga /version perlu dihilangkan huruf “v”-nya, karena wajib diawali dengan digit angka. Ini sebetulnya juga sudah dituliskan di petunjuk instalasinya (doh).

Node.js error

Oke sudah selesai dan terinstall. Terus? Ada beberapa “mainan” yang bisa dicoba di Node.js. Salah duanya Ruby on Rail dan Ghost.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *